-->

Peringati HUT RI KE-75 Polres Pidie Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Banguna Tua

Redaksi author photo
Photo: Water Lading yang berusia ratusan tahun dan peninggalan Belanda

Banda Aceh, BAP.NET-Dalam rangka menyambut Peringati HUT ke-75 RI, jajaran TNI/Polri dan Satpol PP di Kabupaten Pidie mengibarkan bendera Merah Putih raksasa di atas Water Lading yang berusia ratusan tahun dan peninggalan Belanda di Gampong Blok Bengkel Kecamatan Kota Sigli, Pidie, Senin 17 Agustus 2020. 

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Ery Apriyono, S. I. K., M. Si, kepada veritaacehpoe.net, melaui siaran persnya, Rabu 12 Agustus 2020. 

"Kegiatan itu dihadiri Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian,S.I.K.,M. H, dan sejumlah pejabat TNI, Satpol PP dan personel Polri, TNI dan Satpol PP lainnya" ujar Kabid Humas. 

Dikatakannya, dalam kesempatan itu Kapolres Pidie mengatakan, aksi ini mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat. Sudah sekian lamanya menara ini masih kokoh dan  ini merupakan kedua kalinya Bendera Merah Putih berkibar diatas Water Lading tersebut. 

Kapolres Pidie menyebutkan bahwa, Hut  ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia  semakin dekat. Bendera dan pernak-pernik Merah Putih menghiasi Kota Sigli, baik di perumahan warga dan kantor-kantor Pemerintah maupun swasta. 
"Salah satunya adalah Bendera Raksasa yang dikibarkan di atas Water Lading Peninggalan Belanda" ucap Kapolres Pidie melalui Kabid Humas Polda Aceh. 

Dikatakannya. Meski di masa pandemi, pihaknya berinisiatif untuk memasang Bendeta Raksasa di Water Lading  Zaman Belanda, untuk memeriahka Hut RI KE-75 itu dirinya memanfaatkan objek itu.

"Kami berinisiatif untuk memasang bendera raksasa ini, dimana kebetulan ada Water Lading yang sudah tidak dipakai waktu zaman dahulu kala, Jadi kami manfaatkan untuk pasang bendera saja" kata Kapolres Pidie melalui Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Ery Apriyono, S. I. K., M. Si.

Dilanjutkan. Mengenai sejarah Menara Water Lading kini sudah berusia lebih dari seratus tahun yang terletak di jantung Kota Sigli Kabupaten Pidie, dulu pernah dikibarkan Bendera Merah Putih saat menyambut Kemerdekaan RI pada tanggal 26 Agustus 1945. 
"Kemudian Bangunan Menara Water Lading tersebut juga sebagai bukti sejarah yang kini masih berdiri kokoh dan bangunan itu juga selamat saat Aceh dilanda gempa dan Tsunami yang terjadi pada tahun 2004 lalu" pungkas Kabid Humas lagi.

Rill
Share:
Komentar

Berita Terkini