-->

Erdogan Telepon Jokowi, Ada Kejutan Buat RI?

Redaksi author photo
Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, BAP.NET - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghubungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui saluran telepon untuk memberi ucapan selamat Iduladha 1441 H dan membicarakan kerja sama mengenai penanganan Covid-19.

Sebelum membicarakan kerja sama, Jokowi, yang menerima telepon dari Erdogan pada Minggu (2/8/2020) pukul 16.00 WIB di Istana Kepresidenan Bogor, menyampaikan ucapan selamat Iduladha pemimpin Turki tersebut.

Baca: Ssst... Erdogan Bakal Bantu RI Bikin Pesawat!


"Selamat Iduladha kepada Yang Mulia Presiden Erdogan dan Ibu Emine, dan seluruh rakyat Turki. Saya doakan Yang Mulia selalu dalam keadaan sehat," ucap Jokowi, sebagaimana dikutip dari situs Sekretariat Kabinet RI pada Senin (3/8/2020).

Diketahui Erdogan juga menyampaikan hal yang sama, mengucapkan selamat Iduladha kepada Jokowi dan Ibu Negara Iriana, serta seluruh rakyat Indonesia.

Dalam percakapan tersebut, Jokowi juga menyambut baik adanya peningkatan kerja sama kedua negara, termasuk "kejutan" kerja sama melalui vaksin Covid-19.

Baca: Heboh! Turki Masuk Zaman Kegelapan Gegara UU Erdogan


"Saya memahami, Turki berada dalam tahap lanjut untuk pengembangan vaksin. Saya senang mendengar kedua Menteri Riset dan Teknologi kita telah membahas kemungkinan kerja sama dalam hal ini," ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi berharap jika nantinya dalam kunjungan Erdogan ke Indonesia, berbagai kerja sama konkret bilateral yang tengah dibahas para menteri dari kedua negara dapat terealisasi.

"Saya harap dalam kunjungan Yang Mulia ke Indonesia, kita dapat meluncurkan proyek-proyek konkret tersebut," tutupnya.

Selain dengan Erdogan, sebelumnya Jokowi secara khusus juga menyampaikan selamat Iduladha kepada Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al Saud melalui sambungan telepon pada Jumat (31/7/2020) sekitar pukul 18:45 WIB.

Tak hanya mengucapkan Iduladha, Jokowi juga menyampaikan rasa syukur atas pulihnya Raja Salman. Dalam pembicaraannya tersebut, Jokowi juga menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan ibadah haji tahun ini yang diadakan secara terbatas akibat pandemi.

"Kami juga mengapresiasi pengaturan penyelenggaraan ibadah haji yg dijalankan dengan protokol kesehatan secara ketat dan dengan mengedepankan kesehatan umat. Mari kita terus berdoa agar pandemi ini dapat cepat teratasi," katanya.

Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, Jokowi juga mengajak Raja Salman untuk terus meningkatkan hubungan baik antar kedua negara, termasuk kerjasama di bidang ekonomi.

"Bapak Presiden, insya Allah kami siap selalu untuk meningkatkan hubungan demi kebaikan dua negara," kata Raja Salman kepada Jokowi.


Untuk melihat/Baca lebih lengkap buka di sumber berita kami, CNBC Indonesia.


Sumber: CNBC Indonesia

Share:
Komentar

Berita Terkini