-->

49 Desa di Aceh Timur Belum Salurkan BLT, Ada Apa?

Redaksi author photo
   Foto: Antara

Aceh Timur-Sebanyak 49 desa dalam sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang sumber anggarannya dari Dana Desa (DD) Tahap-I Tahun 2020.

"Iya benar, berdasarkan data yang kita update hingga hari ini sebanyak 49 desa belum pernah menyalurkan BLT-DD Tahap I, apalagi Tahap II dan Tahap III. Kendalanya masih kita dalami dan kita melalui Pendamping Lokal Desa (PLD) dan Pendamping Desa (PD) mencoba mendampingi desa-desa yang bermasalah," kata Koordinator Tenaga Ahli (TA) P3MD Aceh Timur, Mukhtar, Kamis (2/7).

Berdasarkan hasil penelusuran ke lapangan, lanjut Mukhtar, penyaluran BPT-DD Tahap-I di 49 desa akibat dana desa tahap pertama sebanyak 40 persen telah terlebih dahulu dimanfaatkan untuk pembangunan fisik, sebab awal 2020 belum ada memiliki ketentuan alokasi dana desa untuk BLT.

"Sementara penyaluran BLT-DD tahap kedua terhambat sebagian desa disebabkan jumlah calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak mencukupi dengan dana desa tahun yang ada di desa, sehingga harus diusulkan ke Pemkab Aceh Timur untuk mendapatkan BLT-APBK," kata Mukhtar.

Oleh karenanya, Koordinator TA-P3MD Aceh Timur berharap proses verifikasi data penerima mamfaat BLT tambahan yang sedang diverifikasi pihak kecamatan untuk mendapat persetujuan bupati dapat segera diselesaikan, sehingga penyaluran BLT dana desa sampai bulan Juni 2020 juga dapat tersalur di seluruh desa.

"Dana desa tahap pertama untuk 513 desa sudah masuk ke rekening desa. 165 desa sudah diproses pencairan dana desa tahap kedua untuk 15 persen bulan pertama. Dengan demikian, BLT dapat dibagikan ke semua Keluar Penerima Manfaat (KPM) yang mendapat BLT-DD," demikian Mukhtar. 

Sumber:Antara/acehbianis.com
Share:
Komentar

Berita Terkini